dc.description.abstract | Gen Z merupakan sebuah kontributor bagi filantropi yang dapat mempengaruhi orang lain
dalam mengumpulkan uang melalui teknologi digital. Salah satunya dengan melakukan kegiatan
seperti berdonasi daring melalui Kitabisa.com sebagai platform crowdfunding terbesar di
Indonesia. Dengan demikian, nampak moral judgment, moral elevation dan moral identity dalam
melakukan donasi. Maka dari itu penelitian ini ingin mengetahui sejauh mana pengaruh moral
judgment, moral elevation dan moral identity terhadap minat donasi. Responden merupakan
mahasiswa Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Indonesia yang berada di Yogyakarta. Pada
penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel 100 responden menggunakan
pengisian kuesioner. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini berasal dari data primer dan
data sekunder. Teknis analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan regresi linear
berganda. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh signifikan variabel moral judgment, moral
elevation dan moral identity terhadap minat donasi. Variabel moral judgment mempunyai nilai
signifikansi 0,045 ≤ 0,05 yang berpengaruh pada minat donasi. Variabel moral elevation
mempunyai nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05 yang berpengaruh pada minat donasi. Variabel moral
identity mempunyai nilai signifikansi 0,040 ≤ 0,05 yang berpengaruh pada minat donasi. Pada nilai
F hitung 14,876 ≥ 5,698 yang menunjukkan variabel moral judgment, moral elevation dan moral
identity secara simultan berpengaruh positif terhadap minat donasi. | en_US |