Show simple item record

dc.contributor.authorMasykuri, Muh Farchan
dc.date.accessioned2024-01-10T04:13:06Z
dc.date.available2024-01-10T04:13:06Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46388
dc.description.abstractMetode pembelajaran yang digunakan di PP Al-Luqmaniyyah di antaranya yang terbaru menggunakan metode demonstrasi metode penugasan, tanya jawab, diskusi dan presentasi. Diantara yang paling menarik menurut peneliti adalah metode diskusi yang komprehensif. Dengan proses pembelajaran yang lebih fokus terhadap keakftifan santri berdialog secara aktif dan berdiskusi secara kritis. Lalu seperti apa eveknya bagi santri khususnya kelas Imrithi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari kepala pondok, ustadz pembimbing diskusi, ustadz pengampu fiqh, dan santri kelas Imrithi PP Al- Luqmaniyyah. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan trianggulasi. Teknik analisa data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan metode diskusi pembelajaran fiqh di kelas Imrithi pondok pesantren Al-Luqmaniyyah sangat efektif dalam memahamkan pembelajran fiqh. Terutama terkait dengan argumentasi yang sudah dipahami secara matang dalam permasalahan yang muncul pada proses pembelajaran yang sedang dibahas. Metode diskusi yang peneliti maksudkan berupa metode bandongan, halaqoh. Karena dapat menumbuhkembangkan cara santri selalu berfikir kritis khususnya santri kelas Imrithi.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPembelajaran Fiqhen_US
dc.subjectBerfikir Kritisen_US
dc.subjectPP Al-Luqmaniyyah Yogyakartaen_US
dc.titleEfektivitas Pembelajaran Fiqh dengan Metode Diskusi dalam meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Santri Kelas Imrithi di PP Al- Luqmaniyyah Yogyakartaen_US
dc.title.alternativeThe Effectiveness of Learning Fiqh Using the Discussion Method in Improving Students' Critical Thinking Ability in ClassImrithi At Pp Al-Luqmaniyyah Yogyakartaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM16422189


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record