Efektivitas Pembelajaran Fiqh dengan Metode Diskusi dalam meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Santri Kelas Imrithi di PP Al- Luqmaniyyah Yogyakarta
Abstract
Metode pembelajaran yang digunakan di PP Al-Luqmaniyyah di antaranya yang terbaru
menggunakan metode demonstrasi metode penugasan, tanya jawab, diskusi dan presentasi.
Diantara yang paling menarik menurut peneliti adalah metode diskusi yang komprehensif. Dengan
proses pembelajaran yang lebih fokus terhadap keakftifan santri berdialog secara aktif dan
berdiskusi secara kritis. Lalu seperti apa eveknya bagi santri khususnya kelas Imrithi.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari kepala
pondok, ustadz pembimbing diskusi, ustadz pengampu fiqh, dan santri kelas Imrithi PP Al-
Luqmaniyyah. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan trianggulasi. Teknik
analisa data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan metode diskusi pembelajaran fiqh di
kelas Imrithi pondok pesantren Al-Luqmaniyyah sangat efektif dalam memahamkan pembelajran
fiqh. Terutama terkait dengan argumentasi yang sudah dipahami secara matang dalam
permasalahan yang muncul pada proses pembelajaran yang sedang dibahas. Metode diskusi yang
peneliti maksudkan berupa metode bandongan, halaqoh. Karena dapat menumbuhkembangkan
cara santri selalu berfikir kritis khususnya santri kelas Imrithi.
Collections
- Islamic Education [864]