Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Era New Normal di SD Negeri Wonosalam
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keresahan peneliti melihat kesulitan
belajar yang dialami oleh siswa dalam memahami materi dan tantangan yang
dialami guru dalam menyampaikan materi menggunakan media pembelajaran di
era teknologi informasi sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana strategi pembelajaran guru PAI pada era new normal di SD Negeri
Wonosalam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian
ini adalah guru dan siswa SD Negeri Wonosalam Yogyakarta. Objek penelitian ini
berupa strategi pembelajaran guru PAI pada era new normal. Teknik yang
digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive
sampling yaitu memiliki kriteria tertentu yang dapat memperkuat alasan seorang
menjadi subjek penelitiannya. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pembelajaran yang
dilaksanakan pada era new normal di SD Negeri Wonosalam Yogyakarta adalah
blended learning atau pembelajaran campuran antara daring dan luring. Dalam
pelaksanaannya, terdapat faktor pendukungnya antara lain adalah adanya bantuan
kuota internet dari pemerintah dan adanya kolaborasi yang baik antara guru, siswa,
dan orang tua selama proses pembelajaran. Faktor penghambat atau kendalanya
adalah keterbatasan komunikasi karena akses internet dan turunnya antusiasme
siswa selama pembelajaran daring sehingga mempengaruhi pemahaman siswa
terhadap materi yang disampaikan.
Collections
- Islamic Education [864]