Problematika Pelaksanaan Pengajaran Akhlak di MTS Negeri 10 Sleman
Abstract
Anak pada jenjang pendidikan dasar menengah adalah siswa pada usia masa
pra remaja, yang berada pada masa peralihan dari anak-anak menuju tahapan sebelum
dewasa, dimana jiwanya masih labil dan rentan terpengaruh oleh lingkungan
sekitarnya. Masalah yang menjadi fokus penelitian ini adalah adanya problematika
dalam pelaksanaan pengajaran akhlak di MTs Negeri 10 Sleman. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mendeskripsikan permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan
pengajaran akhlak di MTs Negeri 10 Sleman.
Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan
mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
penentuan informan menggunakan purposive sampling, adapun informan tersebut
antara lain: kepala sekolah, guru akidah akhlak, guru bimbingan konseling, wali kelas
dan siswa. Pemeriksaan keabsahan data dari penelitian ini menggunakan triangulasi
sumber. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data,
verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pelaksanaan pengajaran akhlak
yang diterapkan guru akidah akhlak yakni dengan metode ceramah, tanya jawab, dikte,
tugas belajar, dan latihan dalam pengajaran akhlak di dalam kelas. Selain itu,
pengajaran akhlak juga dilakukan di luar kelas yang dilakukan guru dan pegawai di
sekolah dengan memberikan metode pembiasaan, metode pemberian nasehat, metode
keteladanan dan memberlakukan hukuman. Namun, terdapat beberapa problematika
yang muncul, yang disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut mencakup
lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat yang
mempengaruhi banyak atau sedikitnya peroblematika pada pengajaran akhlak.
Collections
- Islamic Education [863]