Show simple item record

dc.contributor.authorAprilian, Wanti Nur
dc.date.accessioned2024-01-10T01:58:49Z
dc.date.available2024-01-10T01:58:49Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46361
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh ditemukannya nilai siswa yang masih terbilang cukup rendah pada assasement pembelajaran mata pelajaran SKI. Kegiatan menghafal Al-Qur’an yang menjadi rutinitas di sekolah seharusnya memberikan dampak yang baik bagi prestasi siswa karena para penghafal Al- Qur’an sepatutnya sudah terbiasa dalam kegitatan menghafal atau menyimpan memori. Di samping itu, motivasi belajar berperan penting dalam memberikan gairah dan semangat dalam belajar. Oleh karena itu, motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa juga menentukan tingkat keberhasilan hasil belajar siswa. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan menghafal Al-Qur’an dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar SKI. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Negeri 9 Sleman dengan teknik stratified sample yang digunakan untuk menentukan sampelnya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket yang dianalisis menggunakan Uji Regresi Linier Berganda dengan bantuan SPSS untuk menguji pengaruh variabel X1 (Kemampuan Menghafal Al-Qur’an) dan X2 (Motivasi Belajar) terhadap Y (Prestasi Belajar SKI). Berdasarkan hasil penelitian terdapat kesimpulan sebagai berikut: 1) Kemampuan menghafal Al-Qur’an secara parsial berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran SKI dengan nilai signifikansi 0,049 < 0,05. 2) Motivasi belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran SKI dengan nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05. 3) Kemampuan menghafal Al-Qur’an dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh terhadap variabel prestasi belajar mata pelajaran SKI dengan signifikansi 0,005 < 0,05.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPrestasi Belajar SKIen_US
dc.subjectKemampuan Menghafal Al-Qur’anen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.subjectAchievement in History of Islamic Cultureen_US
dc.subjectMemorizing Al-Qur’anen_US
dc.subjectLearning Motivationen_US
dc.titlePengaruh Kemampuan Menghafal Al-qur’an dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Slemanen_US
dc.title.alternativeThe Influence of Memorizing Al-qur'an and Learning Motivation to Academic Achievement in History of Islamic Culture at Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Slemanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422145


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record