Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-qur’an dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Sleman
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ditemukannya nilai siswa yang masih
terbilang cukup rendah pada assasement pembelajaran mata pelajaran SKI.
Kegiatan menghafal Al-Qur’an yang menjadi rutinitas di sekolah seharusnya
memberikan dampak yang baik bagi prestasi siswa karena para penghafal Al-
Qur’an sepatutnya sudah terbiasa dalam kegitatan menghafal atau menyimpan
memori. Di samping itu, motivasi belajar berperan penting dalam memberikan
gairah dan semangat dalam belajar. Oleh karena itu, motivasi belajar yang dimiliki
oleh siswa juga menentukan tingkat keberhasilan hasil belajar siswa. Dengan
demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
kemampuan menghafal Al-Qur’an dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar
SKI.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field
research) dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh
siswa MTs Negeri 9 Sleman dengan teknik stratified sample yang digunakan untuk
menentukan sampelnya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
dokumentasi dan angket yang dianalisis menggunakan Uji Regresi Linier Berganda
dengan bantuan SPSS untuk menguji pengaruh variabel X1 (Kemampuan
Menghafal Al-Qur’an) dan X2 (Motivasi Belajar) terhadap Y (Prestasi Belajar
SKI).
Berdasarkan hasil penelitian terdapat kesimpulan sebagai berikut: 1)
Kemampuan menghafal Al-Qur’an secara parsial berpengaruh terhadap prestasi
belajar mata pelajaran SKI dengan nilai signifikansi 0,049 < 0,05. 2) Motivasi
belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mata
pelajaran SKI dengan nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05. 3) Kemampuan
menghafal Al-Qur’an dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh terhadap
variabel prestasi belajar mata pelajaran SKI dengan signifikansi 0,005 < 0,05.
Collections
- Islamic Education [862]