Show simple item record

dc.contributor.authorHikmah, Alfia Nur
dc.date.accessioned2024-01-10T01:26:27Z
dc.date.available2024-01-10T01:26:27Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46355
dc.description.abstractPembelajaran Al-Qur’an merupakan salah satu pembelajaran basic di dalam agama Islam, tetapi di zaman saat ini masih banyak orang yang belum medapatkan salah satu pendidikan agama tersebut di tengah majunya teknologi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui bagaimana implementasi flashcard hijaiyyah untuk mengatasi kesulitan membaca iqro’ pada siswa-siswi SD Negeri Gayamharjo. 2). Mengetahui bagaimana faktor pendukung maupun penghambat dari implementasi flashcard hijaiyyah untuk mengatasi kesulitan membaca iqro’ di SD Negeri Gayamharjo, Kalinongko Kidul, Gayamharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta. 3). Mengetahui bagaimana dampak dalam kesulitan belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan dengan metode kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 3 peserta didik kelas 3 dan seorang guru PAI SD Negeri Gayamharjo, dengan objek penelitian berupa media pembelajaran flashcard hijaiyyah. Menggunakan teknik Purposive Sampling dalam menentukan subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan metode pembelajaran menggunakan flashcard hijaiyyah yang diimplementasikan di kegiatan ekstrakulikuler Baca Tulis Al- Qur’an (BTA) tersebut melakukan 2 siklus dengan melalui tiga tahapan, yakni persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Beberapa faktor internal maupun eksternal yang menjadi pendukung maupun kendala peserta didik dalam kesulitan membaca iqro. Untuk pendukung sendiri di antaranya ialah, 1). Faktor Internal: penyesuaian diri, orientasi belajar, penilaian terhadap diri sendiri, karakteristik pribadi. 2). Faktor eksternal mencakup relasi guru-siswa, relasi siswa dan orang tuanya, dan yang terakhir relasi teman. Sedangkan untuk penghambatnya mencakup, 1). Faktor Internal: kurangnya minat, kurangnya motivasi, kurangnya latihan atau muraja’ah bacaan, kurangnya konsentrasi. 2) Faktor eksternal, yang mencakup kurangnya bimbingan orang tua, fasilitas pendidikan, variasi mengajar guru serta faktor lingkungan yang ada di rumah peserta didik. Serta dampak dalam kesulitan belajar bagi peseta didik SD Negeri Gayamharjo.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectKesulitan Membacaen_US
dc.subjectFlashcard Hijaiyyahen_US
dc.titleImplementasi Media Flashcard Hijaiyyah untuk mengatasi Kesulitan Membaca Iqro’ (Studi Kasus di SD Negeri Gayamharjo, Kalinongko Kidul, Gayamharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta)en_US
dc.title.alternativeImplementation of Hijaiyyah Flashcard Media to Overcome Iqro’ Reading Difficulty Case Study in SD Negeri Gayamharjo, Kalinongko Kidul, Gayamharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422126


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record