Show simple item record

dc.contributor.authorAtiqah, Farikhatul
dc.date.accessioned2024-01-09T08:03:31Z
dc.date.available2024-01-09T08:03:31Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46340
dc.description.abstractBelajar dari penggunaan Quiziz diharapkan dalam mata pelajaran PAI di SMA UII dapat menjadi mata pelajaran yang disenangi oleh para siswa. Dengan berbekal media pembelajaran yang bervariasi diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa dan mengatasi rasa bosan di dalam kelas khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran PAI kelas X ICT SMA UII Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan fokus penelitian pemanfaatan aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran PAI kelas X ICT SMA UII Yogyakarta. Pengambilan subjek dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling, di antaranya guru dan siswa. Adapun sumber data sekundernya yaitu referensi buku dan jurnal yang terkait dengan media pembelajaran dan aplikasi Quizizz. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data mengggunakan teori Miles dan Hubermen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan aplikasi Quizizz dari tahap awal sampai akhir menunjukan hasil yang memuaskan dalam menarik antusias, serta pemahaman siswa mengenai materi pembelajaran. Quizziz sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi, minat serta antusias siswa karena aplikasi ini membuat pelajaran lebih kreatif dan variatif. Kemudian faktor yang mendukung dari penggunaan media Quizizz adalah peserta didik merasa belajar lebih menyenangkan, mudah untuk dimengerti, peserta didik juga merasa mudah untuk memahami materi pembelajaran dan peserta didik merasa menjadi lebih berkembang jika belajar menggunakan Quizizz. Namun disamping itu, Quizizz juga memiliki beberapa kekurangan atau faktor penghambat yaitu koneksi jaringan, perangkat yang kurang memadai, bisa terjadi kecurangan karena menggunakan dua akun dan siswa bisa menggunakan tab lainnya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectQuizizzen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.titlePemanfaatan Aplikasi Quiziz sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran PAI Kelas X ICT Sma UII Yogyakartaen_US
dc.title.alternativeUtilizing he Quizizz Application as a Learning Media in Islamic Education Class X ICT SMA UII Yogyakartaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422039


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record