Pemanfaatan Aplikasi Quiziz sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran PAI Kelas X ICT Sma UII Yogyakarta
Abstract
Belajar dari penggunaan Quiziz diharapkan dalam mata pelajaran PAI di
SMA UII dapat menjadi mata pelajaran yang disenangi oleh para siswa. Dengan
berbekal media pembelajaran yang bervariasi diharapkan dapat meningkatkan
minat belajar siswa dan mengatasi rasa bosan di dalam kelas khususnya dalam mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran pada
mata pelajaran PAI kelas X ICT SMA UII Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
dengan fokus penelitian pemanfaatan aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran
pada mata pelajaran PAI kelas X ICT SMA UII Yogyakarta. Pengambilan subjek
dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling, di antaranya guru dan
siswa. Adapun sumber data sekundernya yaitu referensi buku dan jurnal yang
terkait dengan media pembelajaran dan aplikasi Quizizz. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan
keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data mengggunakan teori
Miles dan Hubermen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan aplikasi Quizizz dari
tahap awal sampai akhir menunjukan hasil yang memuaskan dalam menarik
antusias, serta pemahaman siswa mengenai materi pembelajaran. Quizziz sebagai
media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi, minat serta antusias siswa
karena aplikasi ini membuat pelajaran lebih kreatif dan variatif. Kemudian faktor
yang mendukung dari penggunaan media Quizizz adalah peserta didik merasa
belajar lebih menyenangkan, mudah untuk dimengerti, peserta didik juga merasa
mudah untuk memahami materi pembelajaran dan peserta didik merasa menjadi
lebih berkembang jika belajar menggunakan Quizizz. Namun disamping itu,
Quizizz juga memiliki beberapa kekurangan atau faktor penghambat yaitu koneksi
jaringan, perangkat yang kurang memadai, bisa terjadi kecurangan karena
menggunakan dua akun dan siswa bisa menggunakan tab lainnya.
Collections
- Islamic Education [864]