Show simple item record

dc.contributor.authorZulfa, Novita Indana
dc.date.accessioned2024-01-09T04:40:30Z
dc.date.available2024-01-09T04:40:30Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46326
dc.description.abstractPendidikan karakter merupakan pendidikan utama yang mempunyai peran penting dalam kehidupan manusia. Salah satu bentuk media karya sastra yang berwujud novel juga dapat memberikan nilai-nilai pendidikan serta pesan moral yang bisa diambil dan diaplikasikan ke dalam kehidupan masyarakat Indonesia khususnya kalangan anak muda, seperti salah satunya novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi tahun 2009. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Usaha yang dilakukan dalam penelitian ini dengan terjun langsung ke sekolah untuk proses pengumpulan data. Tujuan dari penelitian ini diantaranya untuk mengkaji pesan moral yang terkandung dalam novel serta mengukur sejauh mana efektivitasnya pembacaan dari novel negeri 5 menara. Adapun data yang diperoleh yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan yang menjadi informan pada penelitian ini yaitu pimpinan Pondok, Kepala Sekolah, Siswa dan Siswi SMA Pondok Pesantren Al-Muhajirin. Hasil pada penelitian ini yaitu terdapat 7 aspek nilai-nilai karakter yang terkandung pada novel Negeri 5 Menara (religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif dan mandiri) yang dapat diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari- hari serta pembacaan novel Negeri 5 Menara dikatakan efektif karena adanya perubahan kognitif, afektif dan psikomotorik terhadap 10 siswa SMA di Pondok Pesantren Al-Muhajirin.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectNegeri 5 Menaraen_US
dc.subjectPendidikan Karakteren_US
dc.titleEfektivitas Pembacaan Novel Negeri 5 Menara dalam Pembentukan Karakter sebagai Nilai Dasar Pendidikan di Pondok Pesantren Al-Muhajirin Purwakartaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422143


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record