Efektivitas Pembacaan Novel Negeri 5 Menara dalam Pembentukan Karakter sebagai Nilai Dasar Pendidikan di Pondok Pesantren Al-Muhajirin Purwakarta
Abstract
Pendidikan karakter merupakan pendidikan utama yang mempunyai peran
penting dalam kehidupan manusia. Salah satu bentuk media karya sastra yang
berwujud novel juga dapat memberikan nilai-nilai pendidikan serta pesan moral
yang bisa diambil dan diaplikasikan ke dalam kehidupan masyarakat Indonesia
khususnya kalangan anak muda, seperti salah satunya novel Negeri 5 Menara karya
Ahmad Fuadi tahun 2009.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Usaha yang
dilakukan dalam penelitian ini dengan terjun langsung ke sekolah untuk proses
pengumpulan data. Tujuan dari penelitian ini diantaranya untuk mengkaji pesan
moral yang terkandung dalam novel serta mengukur sejauh mana efektivitasnya
pembacaan dari novel negeri 5 menara. Adapun data yang diperoleh yaitu melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan yang menjadi informan pada
penelitian ini yaitu pimpinan Pondok, Kepala Sekolah, Siswa dan Siswi SMA
Pondok Pesantren Al-Muhajirin.
Hasil pada penelitian ini yaitu terdapat 7 aspek nilai-nilai karakter yang
terkandung pada novel Negeri 5 Menara (religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja
keras, kreatif dan mandiri) yang dapat diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-
hari serta pembacaan novel Negeri 5 Menara dikatakan efektif karena adanya
perubahan kognitif, afektif dan psikomotorik terhadap 10 siswa SMA di Pondok
Pesantren Al-Muhajirin.
Collections
- Islamic Education [864]