Implementasi Pendidikan Multikultural di SD Negeri Wonosalam Sukoharjo Ngaglik Sleman
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi sosial, agama, dan budaya
yang bermacam-macam. Perbedaan keanekaragaman itu dapat dicegah melalui
pendidikan multikultural di sekolah. Implementasi pendidikan multikultural
merupakan topik yang penting dalam konteks pendidikan yang semakin majemuk
dan beragam. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pendidikan
multikultural diimplementasikan di lembaga pendidikan dasar beserta faktor
pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk
menjelaskan dan menganalisis implementasi pendidikan multikultural di
lingkungan pendidikan. Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus. Data
dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terkait pendidikan
multikultural. Informan penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru, siswa
yang terlibat dalam implementasi pendidikan multikultural di lembaga pendidikan
dasar yang dipilih. Hasil penelitian di SD Negeri Wonosalam Sukoharjo Ngaglik Sleman
memperlihatkan bahwa implementasi pendidikan multikultural dapat ditunjukan
menjadi tiga level yang pertama yaitu muatan kurikulum pendidikan multikultural, yang kedua implementasi pendidikan multikultural dalam proses pembelajaran, yang ketiga implementasi pendidikan multikultural pada ekstrakulikuler. Kemudian yang menjadi pendukung implementasi pendidikan multikultural yaitu
faktor orang tua, dukungan pendidikan tempat belajar al-Qur’an di masing- masing desanya, guru menanamkan dalam diri siswa terhadap nilai-nilai agama
dan budaya yang sesuai ajaran islam. Adapun faktor penghambat yaitu sumber
daya dan karakter siswa.
Collections
- Islamic Education [863]