Efektivitas Penerapan Media Canva terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MA Sunan Pandanaran Ngaglik Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena pandemi yang memiliki
dampak pada proses kegiatan pembelajaran yang menjadi online. Dengan
pengajaran yang dilakukan saat pandemi pastinya tidak luput dari adanya
permasalahan dalam proses pembelajaran, salah satunya para pendidik dan peserta
didik mengharuskan mempunyai jaringan yang kuat agar tetap berjalan dengan
stabil proses pembelajaran meskipun sekolah MA Sunan Pandanaran Yogyakarta
berbasis pondok pesantren yang identik jauhnya para peserta didik dengan
teknologi sehingga dalam penggunaannya tidak bebas dikarenakan kebijakan
pondok pesantren. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui efektivitas penerapan
media canva terhadap hasil belajar siswa pada masa pandemi dalam mata pelajaran
pendidikan Agama Islam di MA Sunan Pandanaran Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dan pendekatan
kuantitatif. Penelitian ini menggunakan simple random sampling sebanyak 78
peserta didik dari jumlah populasi 358 peserta didik kelas XII dalam pengumpulan
data, serta teknik analisis paired sampel t-test sebagai metode analisis penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media canva yang digunakan
dalam pelaksanaan pembelajaran di MA Sunan Pandanaran Yogyakarta selama
pandemi berjalan cukup efektif dilihat melalui hasil dari paired sampel t-test bahwa
penerapan media canva memiliki perbedaan sebesar 4.9103 dengan pre-test nilai
rata-rata sebesar 85.2051 sedangkan post-test nilai rata-rata sebesar 90.1154 dengan
standar deviasi 3.971 yang dimana penerapan media canva berjalan di katagorikan
cukup efektif.
Collections
- Islamic Education [864]