Show simple item record

dc.contributor.authorRidwan, Ali
dc.date.accessioned2024-01-08T01:43:25Z
dc.date.available2024-01-08T01:43:25Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46251
dc.description.abstractAl-Qur’an merupakan salah satu materi pokok dalam pendidikan Islam, mengingat sumber dan dasar pendidikan agama Islam adalah Al-Qur’an, oleh karenanya guru diharapkan berperan dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an. SD Muhammadiyah Semingin sebagai salah satu lembaga pendidikan formal yang berciri khas agama Islam bertujuan mempersiapkan peserta didik untuk menguasai pendidikan agama Islam juga bertanggung jawab terhadap mampu dan tidaknya siswa dalam membaca Al-Qur’an. Maka untuk mencapai tujuan itu SD Muhammadiyah Semingin melalui guru ISMUBA melakukan upaya meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswanya. Penelitian ini membahas tentang bagaimana peranan guru ISMUBA dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas V di SD Muhammadiyah Semingin beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling, dan teknik pengumpulan data melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data mengacu pada model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap: reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dipastikan melalui teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru ISMUBA dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al Qur’an pada siswa kelas V di SD Muhammadiyah Semingin meliputi: guru ISMUBA menjalankan program kegiatan ekstrakurikuler TBTQ berkolaborasi dengan guru kelas yang dilaksanakan dengan dua skema yaitu program harian dengan waktu 1 jam pelajaran dan program mingguan dengan waktu 1,5 jam pelajaran. Faktor pendukung meliputi: lingkungan, motivasi dari guru dan sarana dan prasarana. Faktor penghambat meliputi: kondisi fisik dan mental siswa yang masih labil, waktu yang terbatas, dan jumlah guru dengan murid yang tidak seimbang.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectUpayaen_US
dc.subjectGuru ISMUBAen_US
dc.subjectAl Qur’anen_US
dc.titlePeran Guru Ismuba (Al Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab) dalam meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al- Quran pada Siswa Kelas V di SD Muhammadiyah Semingin Moyudan Sleman Yogyakartaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422056


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record