Peran Guru Ismuba (Al Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab) dalam meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al- Quran pada Siswa Kelas V di SD Muhammadiyah Semingin Moyudan Sleman Yogyakarta
Abstract
Al-Qur’an merupakan salah satu materi pokok dalam pendidikan Islam,
mengingat sumber dan dasar pendidikan agama Islam adalah Al-Qur’an, oleh
karenanya guru diharapkan berperan dalam meningkatkan kemampuan baca tulis
Al-Qur’an. SD Muhammadiyah Semingin sebagai salah satu lembaga pendidikan
formal yang berciri khas agama Islam bertujuan mempersiapkan peserta didik
untuk menguasai pendidikan agama Islam juga bertanggung jawab terhadap
mampu dan tidaknya siswa dalam membaca Al-Qur’an. Maka untuk mencapai
tujuan itu SD Muhammadiyah Semingin melalui guru ISMUBA melakukan upaya
meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswanya. Penelitian ini
membahas tentang bagaimana peranan guru ISMUBA dalam meningkatkan
kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas V di SD Muhammadiyah Semingin
beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode
pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling, dan
teknik pengumpulan data melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Analisis data mengacu pada model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri
dari tiga tahap: reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Keabsahan data dipastikan melalui teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru ISMUBA dalam
meningkatkan kemampuan baca tulis al Qur’an pada siswa kelas V di SD
Muhammadiyah Semingin meliputi: guru ISMUBA menjalankan program
kegiatan ekstrakurikuler TBTQ berkolaborasi dengan guru kelas yang
dilaksanakan dengan dua skema yaitu program harian dengan waktu 1 jam
pelajaran dan program mingguan dengan waktu 1,5 jam pelajaran. Faktor
pendukung meliputi: lingkungan, motivasi dari guru dan sarana dan prasarana.
Faktor penghambat meliputi: kondisi fisik dan mental siswa yang masih labil,
waktu yang terbatas, dan jumlah guru dengan murid yang tidak seimbang.
Collections
- Islamic Education [864]