Kopling : Optimalisasi Pendistribusian Minuman Kopi menggunakan Metode Berkeliling
Abstract
Kopi merupakan jenis minuman dari hasil pengolahan biji yang telah dipanggang
dan digiling. Kopi saat ini sangat digemari oleh semua kalangan, dari kalangan yang
muda hingga kalangan yang tua. Terutama di Jogja sebagai kota pelajar banyak
anak muda dan orang kantoran yang gemar minum kopi, dilain sisi banyak
penikmat kopi yang harus datang langsung dan mengantri di coffee shop untuk
duduk santai menikmati asupan kafein di tengah kesibukan sekolah, kuliah maupun
kerja.kopi yang ada di Yogyakarta, terlebih di daerah kampus dan memiliki jumlah
konsumsi kopi yang cukup besar, dengan harga kopi per konsumsi mencapai 20
ribu. Berdasarkan survei ini, penulis dan tim membuat Kopling dengan harga yang
lebih terjangkau dan juga mudah untuk di capai tanpa harus mengantri, dan menuju
warung kopi. Inovasi tersebut penulis dan tim lakukan agar apabila konsumen yang
berada di tempat keramaian namun ingin membutuhkan asupan kafein tetapi merasa
malas untuk memesan kopi di lain tempat yang jauh dan pastinya harga yang agak
sedikit berbeda, maka kami hadir untuk mendekatkan diri ke konsumen dan
memberikan cita rasa yang enak dengan bahan baku yang berkualitas dengan harga
yang sangat terjangkau, sehingga mereka tidak perlu jauh-jauh untuk mencari
segelas kopi untuk dinikmati. Dalam pelaksanaan nya, kopi keliling atau biasa
disebut KOPLING telah memulai bisnisnya pada akhir bulan Mei 2023 hingga
akhir juli 2023.saat bisnis berjalan, penulis memiliki fokus pada bagian keuangan
yang meliputi beberapa bagian yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dalam
jalan nya bisnis ini. Menganalisa suatu aspek diharuskan untuk melihat indikator-
indikator penting yang ada dalam bidang tersebut. Dikarenakan kopi keliling masih
termasuk bisnis yang kecil atau umkm, maka penulis menentukan beberapa
indikator tersebut seperti fixed cost, variabel cost, total cost, biaya penyusutan,
Harga pokok penjualan, modal, dan Break Even Point. Dalam KOPLING kami
menyajikan 3 menu yang paling sering dibeli oleh pelanggan atau peminat kopi
ketika membeli kopi di coffee shop. Menu pertama americano atau kopi hitam yang
merupakan kopi basic yang sering dikonsumsi oleh pelanggan yang juga biasa
disebut dengan kopi hitam. Yang kedua adalah kopi susu yang memiliki campuran
kopi, susu dan gula. Kopi gula aren merupakan kopi paling laku disetiap coffee
shop dengan rasa manis yang berasal dari gula aren murni. Diatas merupakan tabel
yang berisikan harga pokok penjualan dari ketiga menu yang ada d kopi keliling.
Meskipun bisnis kopi keliling masih mengalami kerugian, hal ini menjadi
pembelajaran bagi semua orang yang ingin menjalankan bisnis agar lebih teliti dan
belajar dari kesalahan-kesalahan yang ada. Penulis menjabarkan pada bab 3
mengenai permasalahan-permasalahan serta solusi dan alternatif yang penulis
lakukan pada saat menghadapi masalah tersebut. Dasar yang harus dikuasai dalam
bidang keuangan adalah mengetahui alur pembukuan akuntasi sebagai dasar untuk
mengetahui proses laporan keuangan. Selain itu mempelajari aplikasi seperti Excel,
atau Spreadsheet untuk mempermudah pembukuan melalui daring tanpa harus
menulis manual, dan menjumlahkan manual.
Collections
- Islamic Economics [827]