Pengaruh Sertifikasi Halal, Harga, Lokasi, Promosi, dan Variasi Produk terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Muslim (Studi Kasus pada Gerai Mixue di Yogyakarta)
Abstract
Banyaknya bisnis franchise saat ini mengakibatkan persaingan bisnis yang sangat
ketat, khususnya pada bisnis makanan dan minuman. Seperti pada bisnis waralaba
minuman dengan merek Mixue asal Tiongkok yang tengah gencar berekspansi ke
seluruh dunia. Hadirnya produk Mixue di Indonesia khususnya di kalangan umat
muslim tentu menimbulkan pro kontra mengenai kehalalan produk tersebut. Hasil
riset di lapangan menunjukkan bahwa terdapat konsumen muslim yang tidak peduli
akan kehalalan produk Mixue, akan tetapi ada juga konsumen muslim yang
mempermasalahkan kehalalan produk Mixue. Selain itu, konsumen juga melihat
dari beberapa faktor seperti harga, tempat, promosi dan juga variasi produk yang
mereka tawarkan. Tentunya hal ini akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan
bisnis franchise ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sertifikasi
halal, harga, tempat, promosi dan variasi produk terhadap minat beli ulang
konsumen muslim pada produk Mixue. Waktu penelitian berlangsung pada bulan
Juni 2023. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen muslim
yang membeli produk Mixue di Mixue Jakal dengan rentang usia 17-40 tahun, serta
sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dan teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner
serta sampel penelitian diambil menggunakan metode non-probability sampling.
Adapun teknik analisis datanya menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa secara uji T sertifikasi halal, harga, lokasi,
promosi dan variasi produk berpengaruh secara parsial terhadap minat beli ulang
konsumen muslim pada produk Mixue. Hasil uji F menunjukkan bahwa sertifikasi
halal, harga, lokasi, promosi dan variasi produk berpengaruh secara simultan
terhadap minat beli ulang konsumen muslim pada produk Mixue.
Collections
- Islamic Economics [827]