Show simple item record

dc.contributor.authorKarimi, Muhammad Hafiz
dc.date.accessioned2024-01-08T01:18:22Z
dc.date.available2024-01-08T01:18:22Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46246
dc.description.abstractKedisiplinan belajar sangat penting, dengan seorang pelajar yang memiliki karakter kedisiplinan yang tinggi akan mudah bagi pelajar tersebut untuk belajar secara terarah dan teratur, banyak faktor yang mempengaruhi kedisiplinan belajar salah satunya adalah kebiasaan dan rutinitas. Hafalan Al-Qur’an merupakan salah satu aktifitas yang memerlukan kedisiplian, mulai dari memurojaah hafalan yang harus selalu istiqomah meluangkan waktunya setiap hari dan menambah hafalan baru juga harus dipersiapkan dengan baik. Bagi mahasiswa yang memiliki hafalan Al-Qur’an seharusnya rutinitas dan kebiasaan dari menghafal Al-Qur’an akan membantunya dalam mendisiplinkan waktu belajarnya selama perkuliahan. Namun tidak sedikit mahasiswa hafal Qur’an yang kesulitan dengan disiplin belajarnya. Salah satu pondok pesantren yang memfasilitasi mahasiswa untuk tetap menjaga hafalan Al-Qur’an adalah ponpes Sunan Pandanaran. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendskripsikan seberapa besar pengaruh hafalan Al- Qur’an terhadap kedisiplinan mahasiswa di ponpes Sunan Pandanaran Yogyakarta Penelitian ini menggunakan jenis peneletian lapangan dan penedekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan simple random sampling sebanyak 80 mahasiswa yang berasal dari 267 mahasiswa yang mengikuti program hafalan Al- Qur’an di ponpes Sunan Pandanaran, teknik analisis data menggunakan regresi satu prediktor dengan bantuan sofware IBM SPPS Statistics 26 for windows. Hasil dari penelitian menujukkan bahwa pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap kedisiplinan belajar pada mahasiswa Sunan Pandanaran adalah positif, ditunjukkan pada nilai signifikasi sebesar 0,001 yang memiliki nilai lebih kecil dari nilai 0,05. Ada Ada hubungan antara variabel menghafal Al-Qur’an terhadap kedisiplinan belajar Mahasiswa sebesar 14,3%, sedangkan 85,7% kedisiplinan belajar mahasiswa dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMenghafal Al-Qur’anen_US
dc.subjectKedisiplinanen_US
dc.subjectMahasiswaen_US
dc.titlePengaruh Hafalan Al-qur’an terhadap Kedisiplinan Belajar pada Mahasiswa di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Kabupaten Sleman Yogyakartaen_US
dc.title.alternativeThe Influence of Al-qur'an Memory on Learning Discipline in Students at Sunan Pandanaran Islamic Boarding School, Sleman District, Yogyakartaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422152


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record