Pengaruh Hafalan Al-qur’an terhadap Kedisiplinan Belajar pada Mahasiswa di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Kabupaten Sleman Yogyakarta
Abstract
Kedisiplinan belajar sangat penting, dengan seorang pelajar yang memiliki
karakter kedisiplinan yang tinggi akan mudah bagi pelajar tersebut untuk belajar
secara terarah dan teratur, banyak faktor yang mempengaruhi kedisiplinan belajar
salah satunya adalah kebiasaan dan rutinitas. Hafalan Al-Qur’an merupakan salah
satu aktifitas yang memerlukan kedisiplian, mulai dari memurojaah hafalan yang
harus selalu istiqomah meluangkan waktunya setiap hari dan menambah hafalan
baru juga harus dipersiapkan dengan baik. Bagi mahasiswa yang memiliki hafalan
Al-Qur’an seharusnya rutinitas dan kebiasaan dari menghafal Al-Qur’an akan
membantunya dalam mendisiplinkan waktu belajarnya selama perkuliahan. Namun
tidak sedikit mahasiswa hafal Qur’an yang kesulitan dengan disiplin belajarnya.
Salah satu pondok pesantren yang memfasilitasi mahasiswa untuk tetap menjaga
hafalan Al-Qur’an adalah ponpes Sunan Pandanaran. Maka dari itu tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendskripsikan seberapa besar pengaruh hafalan Al-
Qur’an terhadap kedisiplinan mahasiswa di ponpes Sunan Pandanaran Yogyakarta
Penelitian ini menggunakan jenis peneletian lapangan dan penedekatan
kuantitatif. Penelitian ini menggunakan simple random sampling sebanyak 80
mahasiswa yang berasal dari 267 mahasiswa yang mengikuti program hafalan Al-
Qur’an di ponpes Sunan Pandanaran, teknik analisis data menggunakan regresi satu
prediktor dengan bantuan sofware IBM SPPS Statistics 26 for windows.
Hasil dari penelitian menujukkan bahwa pengaruh hafalan Al-Qur’an
terhadap kedisiplinan belajar pada mahasiswa Sunan Pandanaran adalah positif,
ditunjukkan pada nilai signifikasi sebesar 0,001 yang memiliki nilai lebih kecil dari
nilai 0,05. Ada Ada hubungan antara variabel menghafal Al-Qur’an terhadap
kedisiplinan belajar Mahasiswa sebesar 14,3%, sedangkan 85,7% kedisiplinan
belajar mahasiswa dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam
penelitian ini.
Collections
- Islamic Education [862]