Pengaruh Implementasi Monopoli Game “Learn And Do” terhadap Peningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTs N 2 Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran daring pada masa
Covid-19 sehingga smartphone marak digunakan untuk pembelajaran. Namun,
faktanya smartphone digunakan untuk bermain game selain pembelajaran. Tujuan
penelitian untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh implementasi monopoli game
“learn and do” terhadap peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran
Akidah Akhlak kelas VII di MTs N 2 Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan pendekatan
kuantitatif berupa pre-test dan post-test one group design dengan hanya satu kelas
eksperimen saja tanpa kelas kontrol. Subjek penelitiannya peserta didik kelas VII
di MTs N 2 Sleman yaitu 160 siswa dan sampel berjumlah 135 yang diambil dengan
proportional random sampling. Data diambil dengan metode kuesioner. Teknik
analisis data yang digunakan adalah One Way ANOVA dengan bantuan program
SPSS versi 26 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan efektivitas kelompok
sampel monopoli game “learn and do” terhadap peningkatan minat belajar siswa
pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs N 2 Sleman Daerah Istimewa
Yogyakarta. Kelas yang paling efektif terdapat di kelas B. (2) Ada peningkatan
minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak dengan
menggunakan monopoli game “learn and do” yaitu sebesar 5.41. (3) Ada pengaruh
implementasi monopoli game “learn and do” terhadap peningkatan minat belajar
siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs N 2 Sleman Daerah
Istimewa Yogyakarta yang ditunjukkan dari hasil nilai post-test minat belajar
Akidah Akhlak dengan monopoli game “learn and do” sebesar 120.90 lebih besar
dibandingkan dengan hasil nilai pre-test minat belajar Akidah Akhlak sebesar
115.49 serta dari hasil nilai Fhitung 12.093 > nilai Ftabel 3.876.
Collections
- Islamic Education [862]