Inovasi Produk Hijab dengan Pewarnaan Alami menggunakan Teknik Ecoprint Aspek Produksi
Abstract
Fashion tren merupakan sesuatu yang terus berkembang dari waktu ke waktu, salah
satunya tren hijab. Tren hijab di Indonesia tumbuh dengn pesat, sehingga
menghadirkan peluang usaha fashion muslim yang menjanjikan. Disamping
pesatnya perkembangan tersebut, industri fashion merupakan penyumbang polusi
terbesar di dunia yang dapat merusak lingkungan. Bergerak dari beberapa fakta
diatas, kami memilih untuk merintis bisnis hijab berbasis sustainable dengan
inovasi yang kami lakukan. Sehingga tujuan Perintisan Bisnis ini adalah melakukan
penjualan pada produk hijab dengan pewarnaan alami menggunakan teknik
ecoprint guna mengurangi efek buruk bagi lingkungan. Perintisan bisnis
dilaksanakan pada Bulan Februari 2023 sampai dengan Juni 2023. Penjualan
dilakukan melalui sosial media Instagram, marketplace (Shopee), dan konsinyasi.
Berdasarkan program kerja yang telah direncanakan, penulis melaporkan analisis
keuangan sebelum pelaksaan bisnis, laporan arus kas, laporan keuangan dan
koordinasi dengan bidang produksi dan pemasaran terkait keuangan. Pada analisis
sebelum pelaksanaan bisnis, didapatkan bahwa bisnis BHOOMY layak untuk
dijalankan. Dari hasil akhir, didapatkan bahwa bisnis BHOOMY telah mencapai
Break Even Point (BEP).
Collections
- Islamic Economics [851]