Show simple item record

dc.contributor.authorHamidah, Jihan
dc.date.accessioned2024-01-05T06:58:08Z
dc.date.available2024-01-05T06:58:08Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46234
dc.description.abstractPendidikan mempunyai tanggung jawab dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Dimana kualitas pendidikan sendiri menggambarkan sosok generasi penerus bangsa di masa yang akan datang. Sehingga Bangsa Indonesia mempunyai tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Tidak hanya cerdas dalam akademik tetapi cerdas dalam berkarakter. Pendidikan karakter adalah pendidikan paling penting dan harus ada di setiap sekolah yang ada di Indonesia. Namun saat ini fenomena yang banyak terjadi ialah fenomena krisisnya pendidikan karakter. Di era socienty 5.0, para peserta didik dituntut unggul dalam akademisnya saja. Hal ini bisa diatasi seperti di SMPIT Al-Azhar 16 Cikarang, Bekasi yaitu dengan mewujudkan program-program yang dapat mendidik dalam membiasakan berkarakter atau beradab baik di sekolah. Dengan begitu peserta didik akan terlatih untuk kecakapan hidupnya di masa depan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan modul pendidikan karakter berbasis lifeskill sebagi pelengkap. Dengan menggunakan modul dapat membantu mewujudkan peserta didik yang berkarakter sesuai dengan program atau kegiatan yang sudah dilaksanakan di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD) dengan model four D yaitu Define (pendefinisian), Design (perencangan), Development (pengembangan), Disseminate (penyebaran). Pada tahap define menghasilkan analisis kebutuhan dari peserta didik dan juga pendidik melalui observasi,wawancara, dan angket. Tahap design yaitu merencanakan konten modul apa yang akan dikembangkan. Tahap development menuangkan apa yang sudah direncanakan sesuai dengan hasil angket analisis kebutuhan. Setalah modul tersusun rapih dilakukan penilaian atau validasi oleh para ahli materi,media, dan bahasa. Hasil dari penelitian ini adalah modul pendidikan karakter berbasis lifeskill sudah valid digunakan dengan melewati revisi dan saran dari para validator. Berdasarkan hasil penilaian modul pendidikan karakter berbasis lifeskill mendapat skor rata-rata 91% dengan kualifikasi penilaian “sangat valid” dengan keterangan tidak perlu revisi kembali dan layak untuk digunakan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.subjectPendidikan Karakteren_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectModulen_US
dc.subjectLifeskillen_US
dc.titlePengembangan Modul Pendidikan Karakter Berbasis Life Skill di Smp Al-azhar 16 Cikarang Bekasien_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422132


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record