Pengembangan Modul Pendidikan Karakter Berbasis Life Skill di Smp Al-azhar 16 Cikarang Bekasi
Abstract
Pendidikan mempunyai tanggung jawab dalam mewujudkan sumber daya
manusia yang berkualitas. Dimana kualitas pendidikan sendiri menggambarkan
sosok generasi penerus bangsa di masa yang akan datang. Sehingga Bangsa
Indonesia mempunyai tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Tidak hanya
cerdas dalam akademik tetapi cerdas dalam berkarakter. Pendidikan karakter
adalah pendidikan paling penting dan harus ada di setiap sekolah yang ada di
Indonesia. Namun saat ini fenomena yang banyak terjadi ialah fenomena krisisnya
pendidikan karakter. Di era socienty 5.0, para peserta didik dituntut unggul dalam
akademisnya saja. Hal ini bisa diatasi seperti di SMPIT Al-Azhar 16 Cikarang,
Bekasi yaitu dengan mewujudkan program-program yang dapat mendidik dalam
membiasakan berkarakter atau beradab baik di sekolah. Dengan begitu peserta
didik akan terlatih untuk kecakapan hidupnya di masa depan. Tujuan dari penelitian
ini yaitu mengembangkan modul pendidikan karakter berbasis lifeskill sebagi
pelengkap. Dengan menggunakan modul dapat membantu mewujudkan peserta
didik yang berkarakter sesuai dengan program atau kegiatan yang sudah
dilaksanakan di sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD)
dengan model four D yaitu Define (pendefinisian), Design (perencangan),
Development (pengembangan), Disseminate (penyebaran). Pada tahap define
menghasilkan analisis kebutuhan dari peserta didik dan juga pendidik melalui
observasi,wawancara, dan angket. Tahap design yaitu merencanakan konten modul
apa yang akan dikembangkan. Tahap development menuangkan apa yang sudah
direncanakan sesuai dengan hasil angket analisis kebutuhan. Setalah modul
tersusun rapih dilakukan penilaian atau validasi oleh para ahli materi,media, dan
bahasa.
Hasil dari penelitian ini adalah modul pendidikan karakter berbasis lifeskill
sudah valid digunakan dengan melewati revisi dan saran dari para validator.
Berdasarkan hasil penilaian modul pendidikan karakter berbasis lifeskill mendapat
skor rata-rata 91% dengan kualifikasi penilaian “sangat valid” dengan keterangan
tidak perlu revisi kembali dan layak untuk digunakan.
Collections
- Islamic Education [918]