dc.description.abstract | Platform digital Canva merupakan salah satu platform yang bergerak pada
dukungan terhadap pembuatan konten berbasis desain grafis. Dalam proses
perkuliahan mahasiswa FIAI UII angkatan 2019 dan 2020 berbagai tugas berbasis
digital telah menjadi salah satu tanggung jawab dan kebutuhan yang selalu ada pada
kegiatan belajar mengajar mahasiswa. Penelitian ini menjadikan platform digital
Canva sebagai objek penelitian yang yang berkaitan dengan mahasiswa. Apakah
platform digital Canva bisa menjadi penunjang dan fasilitator bagi mahasiswa atau
sebaliknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis
apakah dalam proses perkuliahan, platform digital Canva bisa menjadi penunjang
yang memberikan dampak serta ulasan positif bagi mahasiswa FIAI UII terutama
pada angkatan 2019 dan 2020.
Jenis yang digunakan peneliti pada kesempatan ini adalah penelitian kualitatif.
Adapun subjek dari penelitian yang dilakukan saat ini adalah mahasiswa Fakultas
Ilmu Agama Islam UII Yogyakarta angkatan 2019 dan 2020. Teknik penentuan
informan dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dimana pada
penelitian ini terdapat 5 mahasiswa yang sesuai dengan kriteria untuk menjadi
narasumber dalam proses pengambilan data dan untuk pengumpulan data penelitian
ini menggunakan teknik observasi dan wawancara. Keabsahan data penelitian ini
menggunakan teknik triangulasi cara, dimana pengolahan data akan menjadi
kredibel.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwasanya dalam pengimplementasian platform
digital Canva sebagai alat yang digunakan oleh mahasiswa merupakan platform
yang bisa menunjang proses perkuliahan mahasiswa dari berbagai aspek. Platform
ini digunakan untuk mengerjakan tugas kuliah yang berkaitan dengan desain,
mengerjakan tugas presentasi, pembuatan konten sosial media, dan tugas kreatif.
Adapun keunggulan dari platform digital Canva sebagai pilihan mahasiswa adalah
memiliki berbagai fitur, elemen, template, bisa digunakan dengan gratis dan
memiliki fleksibilitas yang tinggi. | en_US |