Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat menggunakan Sharia Online Trading System (Sots)) pada Investor Generasi-Z di Provinsi Diy
Abstract
Pertumbuhan investasi disertai dengan distrupsi pada era teknologi yang semakin
mutakhir, mewujudkan adanya inovasi penyediaan fitur investasi digital dengan
sebutan sistem online trading syariah menjadi sebuah alternatif yang dapat menjadi
tolak ukur konsistensi peningkatan investasi syariah di masa depan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi minat
menggunakan Sharia Online Trading System (SOTS)) pada investor generasi Z
yang ada di provinsi DIY. Penelitian ini dikembangkan dari teori UTAUT 3
(Unified Theory of Acceptance and Use of Technology). Pengambilan sampel pada
penelitian ini dilakukan dalam kurun waktu bulan Januari - Maret 2023. Data
penelitain diperoleh melalui kuisioner Google Form. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan sampel yang diambil melalui metode purposive
random sampling sebanyak 171 responden yang merupakan investor yang
menggunakan Sharia Online Trading System yang tercatat pada Bursa Efek
Indonesia. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah PLS-SEM dengan
aplikasi Smart-PLS 3.3. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pengaruh Sosial
(PS), Nilai Harga (NH), Kebiasaan (K), Nilai Syariah (NS) berpengaruh secara
positif terhadap Behavioural Intention dan Kebiasaan (K), Inovasi Pribadi (IP),
Literasi Pasar Modal Syariah (LPMS) berpengaruh positif terhadap Use Behaviour
pada Sharia Online Trading System (SOTS)). Namun, Ekspetasi Kinerja (EK),
Ekspetasi Usaha (EU), Fasilitas Pendukung (FP), Motivasi Hedonisme (MH) dan
Literasi Pasar Modal Syariah (LPMS) tidak berpengaruh terhadap Behavioural
Intention serta Fasilitas Pendukung (FP) tidak berpengaruh terhadap Use
Behavioural.
Collections
- Islamic Economics [826]