Pengaruh Kesadaran Lingkungan, Pengetahuan, dan Religiusitas terhadap Niat Membeli Sustainable Fashion pada Mahasiswa : dengan Variabel Moderasi Nilai yang Dirasakan
Abstract
Industri fashion menjadi penyebab utama kerusakan lingkungan karena jejak polusi
yang dihasilkan setiap tahap siklus fashion pada setiap generasi (Sitio et al., 2021).
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kesadaran lingkungan,
pengetahuan, dan religiusitas terhadap niat membeli sustainable fashion pada
mahasiswa dengan nilai yang dirasakan sebagai variabel moderasi. Metode
penelitian akan menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel terdiri dari 221
mahasiswa di Indonesia yang diambil melalui pengisian kuesioner menggunakan
google form. Data penelitian ini meliputi persepsi tentang variabel kesadaran
lingkungan, pengetahuan, religiusitas, nilai yang dirasakan, dan niat membeli
sustainable fashion. Data dianalisis menggunakan SPSS untuk menguji validitas
serta reliabilitas dan analisis SEM menggunakan AMOS SPSS. Hasil penelitian
menunjukan bahwa kesadaran lingkungan, pengetahuan, dan religiusitas
berpengaruh langsung kepada niat membeli, sementara nilai yang dirasakan
memoderasi pengaruh kesadaran lingkungan dan pengetahuan terhadap niat
membeli sustainable fashion dengan nilai p – value dibawah level signifikasi 90%
yaitu dibawah 0,1. Namun, nilai yang dirasakan tidak memoderasi pengaruh
religiusitas terhadap niat membeli sustainable fashion menunjukan bahwa nilai p –
value tersebut lebih tinggi daripada nilai p – value maksimal yang ditetapkan
sebesar 10% (0,1) dengan tingkat signifikasi 90%. Oleh karena itu, penting untuk
mendorong persepsi nilai yang dirasakan dengan perusahaan fashion sehingga
dapat mengedukasi konsumen mengenai sustainable fashion.
Collections
- Islamic Economics [827]