Implementasi Ekstrakulikuler Keagamaan dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Klaten
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tujuan pendidikan agama Islam
untuk meningkatkan karakter religius peserta didik, sehingga dapat menekan
peningkatan degradasi moral di kalangan pelajar muslim di Indonesia, yang
dapat diterapkan melalui kegiatan ektrakulikuler keagamaan. MTsN 3 Klaten
masih memiliki permasalahn degradasi moral.Ektrakulikuler keagamaan
menjadi salah satu penunjang tercapainya visi misi MTsN 3 Klaten dalam
mewujudkan karakter yang islami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis implementasi ektrakulikuler keagamaan dalam pembentukan
karakter religus peserta didik, sekaligus untuk mendeskripsikan problematika
dari implementasi ekrtakulikuler keagamaan dalam pembentukan karakter
religius peserta didik MTsN 3 Klaten.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan
kualitatif deskriptif. Teknik penentuan informan menggunakan purposive
sampling, dimana informan penelitian ini antara lain, kepala Madrasah, guru
pebimbing ekstrakulikuler, dan peserta didik ekstrakulikuler. Data
dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kemudian data dianalisis menggunakan model interaktif yang terdiri dari
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan menurut Miles dan
Hubermen. Terakhir untuk menguji keabsahan data pada penelitian ini,
dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Implementasi ektrakulikuler
keagamaan dalam membentuk karakter religius di MTsN 3 Klaten dibagi ke
dalam 2 ekstrakulikeler, yaitu tahfidz dan hadroh. Peningkatan karakter
religius dari implementasi ekstrakulikuler tahfidz ini melalui pembiasaan
berdoa, adab membaca Al-Qur’an dengan tertib, dan pemaknaan ayat-ayat
Al-Qur’an yang dijelaskan oleh guru. Peningkatan karakter religius dari
implementasi ekstrakulikuler tahfidz Melalui penghayatan syair sholawat dan
keteladanan kepada Rasulullah. (2) Problematika yang dihadapi dalam
implementasi ektrakulikuler keagamaan dalam membentuk karakter religius
peserta didik di MTsN 3 Klaten adalah kurangnya motivasi peserta didik
mengikuti progam ekstrakulikuler tahfidz, pengaruh buruk dari lingkungan
dan sosial media, juga pelaksanakan ektrakulikuler hadroh yang kurang
efektif dalam pembentukan karakter peserta didiknya secara menyeluruh
karena terbagi dalam dua kelompok, dimana salah satunya hanya berfokus
pada latihan alat hadroh.
Collections
- Islamic Education [863]