Dampak Program Kampus Mengajar dalam Mengembangkan Kompetensi Keguruan Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia
Abstract
Program Kampus Mengajar adalah bagian dari program MBKM yang
melibatkan mahasiswa aktif dari berbagai universitas dan program studi. Program
ini memiliki empat program utama, yaitu literasi, numerasi, adaptasi teknologi,
dan administrasi. Di Universitas Islam Indonesia, khususnya pada Prodi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam, terdapat 23 mahasiswa
yang lolos seleksi program Kampus Mengajar Angkatan 3, menjadi peserta
terbanyak dibandingkan tahun sebelumnya. Skripsi ini bertujuan untuk
mendeskripsikan pelaksanaan program kampus mengajar dalam meningkatkan
kompetensi keguruan mahasiswa, menganalisis dampak program kampus
mengajar dalam mengembangkan kompetensi keguruan mahasiswa dan
mengetahui faktor pendukung dan penghambat program kampus mengajar dalam
mengembangkan kompetensi keguruan mahasiswa.
Peneliti ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode
pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling, dan
teknik pengumpulan data melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Analisis data terdiri dari tiga tahap: reduksi data, display data, dan penarikan
kesimpulan. Keabsahan data dipastikan melalui teknik triangulasi sumber.
Penelitian ini menemukan bahwa pelaksanaan program Kampus Mengajar
memiliki dampak yang signifikan terhadap pengembangan kompetensi keguruan
mahasiswa. Mahasiswa mendapatkan manfaat dari pembekalan sebelum
penugasan dan pengalaman berharga selama mengajar di sekolah penempatan.
Meskipun kompetensi profesional belum berkembang secara optimal untuk
mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam karena beberapa mata pelajaran tidak
relevan dengan jalur program studi mereka. Pelaksanaan program Kampus
Mengajar didukung oleh berbagai pihak. Namun, terdapat juga faktor
penghambat, sekolah yang belum tepat, kekurangan personil penugasan, guru
yang tidak mendukung, bentroknya jadwal sekolah dengan program mahasiswa,
individualisme personil penugasan, ketidakjelasan standar dan ketidakadilan
dalam pembagian kesempatan mengajar.
Collections
- Islamic Education [864]