Pengaruh Point Of Sales Materials Terhadap Perilaku Pembelian Produk Kosmetik Halal Consumer Buying Behaviour Towards Point Of Sales Material Of Halal Cosmetic Products
Abstract
Lingkungan bisnis yang berubah dengan cepat saat ini, strategi pemasaran yang
unik sangat penting untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Pemasar
mengeksplorasi ide-ide inovatif, memanfaatkan teknologi yang muncul, dan
memanfaatkan wawasan berbasis data untuk memenuhi permintaan pelanggan yang
terus berubah dan menonjol dari persaingan. Dengan menciptakan pengalaman
yang berkesan dan interaksi yang dipersonalisasi, bisnis dapat secara efektif
menarik perhatian audiens target mereka dan mendorong pertumbuhan. Hal inilah
yang dilakukan Point of Sale Materials (POSM) dalam menunjang promosi yang
dilakukan oleh perusahaan. POSM merupakan display informasi produk/ brand
yang menarik perhatian shopper untuk melakukan pembelian. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh POSM (Kupon Gratis, Sampel Gratis, Beli
Satu Gratis Satu, Potongan Harga) terhadap perilaku pembelian produk kosmetik
halal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan non-probability
sampling, yakni purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menyebar
kuesioner sejak Bulan Maret 2023 hingga Juni 2023 dan jumlah sampel sebanyak
116 responden yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan. subjek penelitian yang
dipilih adalah kosmetik Wardah dikarenakan Wardah merupakan pionir kosmetik
halal di Indonesia dan secara konsisten melakukan promosi menggunakan POSM.
Analisa data yang digunakan adalah SPSS dan PLS-SEM. Kesimpulannya adalah
pada kupon gratis terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku
konsumen, sedangkan sampel gratis, beli satu gratis satu, dan potongan harga
berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap perilaku konsumen. Penelitian
ini bermanfaat bagi tim marketing development, pemilik toko retail, dan tentunya
perusahaan dalam menentukan strategi promosi yang tepat untuk meningkatkan
pendapatan.
Collections
- Islamic Economics [855]