dc.description.abstract | Berbagai fenomena merosotnya nilai karakter Islam yang terjadi di
Indonesia belakangan ini, maka dalam dunia pendidikan diperlukan upaya dalam
membentuk karakter Islam, sehingga diperlukan manajemen dalam menanamkan
nilai karakter Islam agar peserta didik dapat tumbuh dan berkembang dengan
karakter Islam yang baik. Pendidikan karakter Islam dibentuk melalui pembinaan
akhlakul karimah, yakni melalui upaya mentransformasikan nilai-nilai dalam Al
Quran dan As Sunnah kepada peserta didik. Oleh karena itu, di SMP IT Insan
Madani memiliki kegiatan dalam menanamkan nilai karakter Islam kepada peserta
didik yang bernama BPI (Bina Pribadi Islam).
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan fokus
penelitian pada manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian,
pelaksanaan dan hasil penanaman nilai karakter Islam melalui kegiatan BPI bagi
peserta didik di SMP IT Insan Madani. Dalam penentuan informan, penulis
menggunakan teknik purposive sampling, adapun informan terpilih yaitu kepala
sekolah, koordinator serta mentor BPI dan sebagian siswa/i kelas 7-9. Dalam
pengumpulan data, penulis menggunakan 3 teknik dalam setiap tahapannya yakni
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan adapun keabsahan data dari
penelitian ini penulis menggunakan teknik triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sangat penting bagi sekolah
melakukan manajemen penanaman nilai karakter Islam, terkhusus pada kegiatan
yang dimiliki oleh SMP IT Insan Madani yaitu kegitan BPI. Kegiatan ini perlu
dimanajamen dengan baik agar dapat menghasilkan hasil penanaman nilai karakter
Islam yang terbaik juga bagi para peserta didik. Manajemen penanaman nilai
karakter Islam pada kegiatan BPI meliputi manajemen perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan, dan hasil. Dan setiap bagian manajemen memiliki
poin-poin penting tersendiri yang dapat dijadikan acuan dalam memanajemen
kegiatan BPI itu sendiri. | en_US |