Show simple item record

dc.contributor.authorANIS, MUHAMMAD DHIA MURSYIDAN
dc.date.accessioned2023-12-11T07:59:54Z
dc.date.available2023-12-11T07:59:54Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46055
dc.description.abstractBeragam video game online semakin berkembang, ada beberapa game online terdahulu seperti Adventure Quest Worlds masih bertahan dan memiliki banyak pemain dari berbagai negara. Dalam dunia virtual, khususnya pada game online Adventure Quest Worlds terbentuk juga kelas sosial yang menonjol pada karakter yang dimainkan oleh para pemain. Semakin tinggi status yang dimiliki pemain, semakin berpengaruh juga terhadap pemain lainnya. Oleh karena itu, penelitian dilakukan untuk mengetahui timbulnya dan pengaruh kelas sosial di dalam game online Adventure Quest Worlds. Metode penelitian ini menggunakan etnografi virtual dengan pendekatan kualitatif. Teknik wawancara digunakan dalam penelitian ini untuk mendapatkan informasi dari narasumber terkait kelas sosial dalam game online Adventure Quest Worlds. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas sosial di dalam game online Adventure Quest Worlds terbagi menjadi tiga bagian diantaranya adalah kelas bawah (hard farmers), kelas menengah (collectors) dan kelas atas (sultan), di mana kelas atas mendapatkan pengaruh yang sangat besar di komunitas, sedangkan kelas menengah lebih mementingkan membangun identitas karakter dan kelas bawah terfokus pada pencarian beberapa item karena jarang mendapatkan perhatian dari sesama pemain. Namun, terdapat beberapa situasi yang membuat kesetaraan antar pemain di dalam suatu guild yang membuat kelas sosial tidak berlaku di beberapa kasus.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectkelas sosialen_US
dc.subjectkomunitas virtualen_US
dc.subjectgame onlineen_US
dc.titleKelas Sosial Pemain dalam Game Online Adventure Quest Worlds Indonesiaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM18321094


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record