THE USE OF NATURE-BASED MATERIALS AS LEARNING MEDIA TO TEACH ENGLISH BASIC NUMERACY SKILLS FOR ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS DURING KAMPUS MENGAJAR PROGRAM
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana materi berbasis alam seperti daun bibir
merah digunakan sebagai media pembelajaran untuk mengajarkan keterampilan dasar
berhitung bahasa Inggris pada siswa kelas 2 sekolah dasar selama Program Kampus
Mengajar. 22 siswa setuju untuk berpartisipasi dalam penelitian observasional partisipatif
yang didukung dengan teknik wawancara recall terstimulasi. Pengumpulan data dilakukan
selama 5 jam praktik mengajar yang bertujuan untuk mengajarkan siswa agar mampu
berhitung satu sampai sepuluh dalam bahasa Inggris dengan menggunakan daun sebagai
media pembelajaran. Di akhir pembelajaran, siswa dapat berhitung dengan benar dan
menghitung jumlah daun dengan pengucapan bahasa Inggris yang sesuai. Daun terbukti
menjadi media pembelajaran yang aman dalam memediasi proses pembelajaran dan
meningkatkan keterlibatan siswa. Penulis merekomendasikan penggunaan materi
pembelajaran berbasis alam ini untuk memfasilitasi kemampuan siswa dalam berhitung
dalam bahasa Inggris dari sebelas sampai dua puluh ke atas. Bagi peneliti selanjutnya,
penulis menyarankan untuk meminta bantuan teman-teman dalam proses pencatatan pada
saat proses pembelajaran, agar video tersebut dapat lengkap dari awal hingga akhir
pembelajaran yang dapat dijadikan referensi untuk menggali data yang lebih lengkap.