IMPLEMENTASI SUSTAINABLE MARKETING ENTERPRISE (SME) DALAM PERSAINGAN INDUSTRI PRODUK HERBAL PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA CV. AGRADAYA INDONESIA)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi implementasi Sustainable
Marketing Enterprise (SME) di CV. Agradaya Indonesia dalam menghadapi pertumbuhan
persaingan pada industri produk herbal yang kian dinamis dari waktu ke waktu dilihat dari
perspektif ekonomi islam. Pendekatan dalam penelitian ini mengunakan metode deskriptif
kualitatif, pengumpulan data dengan observasi di CV. Agradaya Indonesia, dan melakukan
wawancara kepada pendiri dan Chief Executive Officer, karyawan, konsumen, dan serta
melakukan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV. Agradaya Indonesia
telah mengimplementasikan dari keseluruhan sub model marketing dalam konsep
Sustainable Marketing Enterprise yang meliputi: 1) Outlook yang terdiri dari 4C-Diamond
(Perubahan, konsumen, Pesaing dan Perusahaan). 2) Architectur yang terdiri dari strategi
(Segmentasi, Targeting dan Posisi), Taktik (Diferensiasi, Bauran Pemasaran 4P dan
Penjualan), Nilai (Merek, Pelayanan, dan Proses). 3) Scorecard dari tiga pemangku
kepentingan (Orang-orang, Konsumen dan Shareholder) serta telah sesuai dengan prinsip
Kesatuan (Tauhid), Kebolehan (Ibahah), Keadilan (al-Adl), Kehendak Bebas (alHurriyah),
Pertanggungjawaban, Kebajikan dan Kejujuran, Kerelaan (ar-Ridha),
Kemanfaatan, dan Larangan Riba.