Dakwah Undisrupted: Resiliensi Komunikasi Dakwah di Era Pandemi
Abstract
Book Chapter ini membahas strategi komunikasi dakwah yang berlangsung selama Covid-19. Adanya pandemi membuat pola komunikasi berubah menjadi virtual, sehingga dakwah yang awalnya berlangsung di ruangruang publik secara terbuka berpindah ke ruang-ruang virtual. Banyak akun-akun dakwah yang menjadi populer setelah pandemi karena menerima audiens dari berbagai macam kalangan, terutama generasi muda. Dalam menghadapi perkembangan dakwah virtual, diberikan beberapa rekomendasi penting. Pertama, dai perlu meningkatkan kompetensi digital guna menghadapi dunia dakwah virtual yang semakin berkembang. Kedua, dai perlu membangun sinergitas dalam pengembangan dakwah digital dengan aktor-aktor terkait. Ketiga, pemerintah perlu mendukung dan menyokong program dakwah digital yang dijalankan oleh para dai. Keempat, masyarakat juga perlu memiliki literasi dakwah digital yang lebih baik. Kelima, perguruan tinggi juga perlu memberikan ide-ide strategi pengembangan komunikasi/dakwah digital.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Penyandang Tunanetra (Studi Kasus pada Badan Sosial Tuna Netra Mardi Wuto dan MTs LB/A Yaketunis di Yogyakarta)
Achmad Suryadi Sudirja, 15321164 (Universitas Islam Indonesia, 2019-07-29)Perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini juga dirasakan dalam teknologi informasi dan komunikasi. Bahkan dimasa mendatang teknologi informasi dan komunikasi ini akan menjadi sebuah sector yang paling dominan, ... -
Pelatihan Efikasi Diri Komunikasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Guru Prasekolah Di Tk “X”
PARAS PUTRI RAMDHANI (Universitas Islam Indonesia, 2019-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pelatihan efikasi diri komunikasi terhadap peningkatan keterampilan komunikasi guru prasekolah. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan rancangan unrandomized ... -
Perencanaan Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Umkm Coffee Shop (Projek Komunikasi Penerapan Imc Di Umpama Coffee)
RAFIF SULTHAN (Universitas Islam Indonesia, 2021-07-22)Aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan pada bisnis berskala UMKM coffee shop cenderung kurang memiliki pemahaman dan perencanaan yang baik dalam menerapkan komunikasi pemasaran terpadu bagi bisnisnya, salah satunya ...