Pelatihan Efikasi Diri Komunikasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Guru Prasekolah Di Tk “X”
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pelatihan efikasi diri komunikasi
terhadap peningkatan keterampilan komunikasi guru prasekolah. Penelitian ini
menggunakan desain eksperimen dengan rancangan unrandomized pretest-posttest
control group design. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 32 orang
guru prasekolah, yang terdiri dari 16 orang kelompok eksperimen dan 16 orang kelompok
kontrol. Pelatihan efikasi diri komunikasi dilaksanakan selama dua hari, yang masingmasing
hari membutuhkan waktu efektif selama 3 jam. Pengukuran keterampilan
komunikasi guru prasekolah dengan menggunakan aspek-aspek yang dikemukakan oleh
Erbay (2012), yaitu bahasa komunikatif, mendengarkan, empati, pesan dan komunikasi
nonverbal. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji analisis statistik
Mann-Whittney. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelompok
eksperimen sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa pelatihan efikasi diri
komunikasi dengan nilai Z=-4,604 dan signifikansi 0,000 (p < 0,05).
Collections
- Master of Psychology [344]