Show simple item record

dc.contributor.authorSari, Awaliana Septiarista
dc.date.accessioned2023-10-04T04:03:38Z
dc.date.available2023-10-04T04:03:38Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/45607
dc.description.abstractPendidikan memiliki pengaruh yang besar terhadap masa depan suatu bangsa. Pendidikan tinggi merupakan pendidikan jenjang yang lebih tinggi dari pendidikan menengah dijalur pendidikan sekolah. Salah satu faktor penentu kelayakan sebuah perguruan tinggi adalah akreditasi. Akreditasi merupakan kegiatan penilaian mutu dan kelayakan perguruan tinggi sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti). Pada penelitian ini dilakukan Pengelompokan Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia berdasarkan data campuran dari luaran berupa data Indikator Kinerja Utama (IKU) yang terdiri dari 9 variabel numerik dan 2 variabel kategorik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Block-Based K-Medoids Partitioning Method, sementara dalam penentuan cacah grup terbaik digunakan metode Deviation Ratio Index based on K-Medoids (DRIM). Berdasarkan DRIM diperoleh cacah grup terbaik adalah dengan jumlah kelompok optimum 4,dimana kelompok yang paling tinggi terdiri dari 45 PTN dan kelompok yang rendah terdiri dari 8 PTN.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPerguruan Tinggi Negerien_US
dc.subjectBlock-Based K-Medoids Partitioning Methoden_US
dc.subjectDeviation Ratio Index based on K-Medoidsen_US
dc.titlePengelompokan Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia Berbasis Indikator Kinerja Utama Menggunakan Block-Based K-Medoids Partitioning Methoden_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record