Pengelompokan Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia Berbasis Indikator Kinerja Utama Menggunakan Block-Based K-Medoids Partitioning Method
Abstract
Pendidikan memiliki pengaruh yang besar terhadap masa depan suatu bangsa.
Pendidikan tinggi merupakan pendidikan jenjang yang lebih tinggi dari
pendidikan menengah dijalur pendidikan sekolah. Salah satu faktor penentu
kelayakan sebuah perguruan tinggi adalah akreditasi. Akreditasi merupakan
kegiatan penilaian mutu dan kelayakan perguruan tinggi sesuai dengan kriteria
yang telah ditetapkan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN
Dikti). Pada penelitian ini dilakukan Pengelompokan Perguruan Tinggi Negeri di
Indonesia berdasarkan data campuran dari luaran berupa data Indikator Kinerja
Utama (IKU) yang terdiri dari 9 variabel numerik dan 2 variabel kategorik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Block-Based K-Medoids
Partitioning Method, sementara dalam penentuan cacah grup terbaik digunakan
metode Deviation Ratio Index based on K-Medoids (DRIM). Berdasarkan DRIM
diperoleh cacah grup terbaik adalah dengan jumlah kelompok optimum 4,dimana
kelompok yang paling tinggi terdiri dari 45 PTN dan kelompok yang rendah
terdiri dari 8 PTN.
Collections
- Statistics [969]