ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA USAHA UMKM; KEMAMPUAN WIRAUSAHA, NETWORKING, MARKETING STRATEGY, MARKET ORIENTATION, DAN TECHNOLOGY USAGE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Networking,
Marketing Strategy, Market Orientation, dan Technology Usage terhdap kinerja
UMKM dengan Kemampuan Wirausaha sebagai variabel pemorderasi. Penelitian
ini berdasarkan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan purposive sampling,
sebanyak 203 kuisioner disebar kepada pemilik UMKM di wilayah Indonesia dan
diolah menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
Kemampuan Wirausaha berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja usaha
UMKM, selanjutnya Market Orientation berpengaruh negatif dan signifikan
terhadap Kemampuan Wirausaha, selanjutnya Marketing Strategy berpengaruh
negatif dan signifikan terhadap Kemampuan Wirausaha, sedangkan Networking
berpengaruh positif signifikan terhadap Kemampuan Wirausaha, dan Technology
Usage berpengaruh positif signifikan terhadap Kemampuan Wirausaha.
Kemampuan Wirausaha sebagai variabel pemorderasi dapat mempengaruhi
kinerja usaha sebuah UMKM.
Collections
- Akuntansi [4536]