PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP PENGGUNAAN SHOPEE PAY LATER DEGAN MODERASI FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR, RIBA DAN PERTIMBANGAN SYARI’AH (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh religiusitas mahasiswa di
Universitas Islam Indonesia terhadap penggunaan Shopee Pay later dengan
moderasi financial management behavior, riba dan pertimbangan syariah. Populasi
penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Teknik pengumpulan
data menggunakan kuesioner. Total Sampel yang digunakan pada penelitian ini
sebanyak 108 responden dengan metode purposive sampling. Analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan uji
moderated regression analysis (MRA). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa
tingkat religiusitas mahasiswa Universitas Islam Indonesia berpengaruh negatif
signifikan terhadap penggunaan Shopee Pay Later, Financial Management
behavior,dan Riba tidak berpengaruh dalam memperkuat hubungan antara
religiusitas mahasiswa Universitas Islam Indonesia dengan penggunaan Shopee
Pay Later, Dan pertimbangan syariah berpengaruh positif dan signifikan dalam
memperkuat hubungan antara religiusitas mahasiswa Universitas Islam Indonesia
dengan penggunaan Shopee Pay Later.
Collections
- Akuntansi [4466]