FAKTOR-FAKTOR YANG DAPAT MEMENGARUHI MINAT MASYARAKAT DALAM MENGGUNAKAN QRIS (Studi Empiris Masyarakat Generasi X, Y, Z, dan Baby Boomers)
Abstract
Perkembangan zaman mengharuskan masyarakat hidup berdampingan
langsung dengan teknologi, salah satunya adalah pada bidang financial. Bank
Indonesia telah mengeluarkan metode transaksi baru yang diberi nama QRIS untuk
memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis pengaruh effort expectancy, hedonic motivation, serta habit
terhadap minat masyarakat dalam menggunakan metode pembayaran QRIS yang di
moderasi oleh usia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah UTAUT 2.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah
masyarakat generasi X, Y, Z, serta Baby Bommers. Sampel yang digunakan
sebanyak 200 orang dengan menggunakan convenience sampling (accidental
sampling). Pengolahan data untuk penelitian ini menggunakan SmartPLS 4.0. Hasil
dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel effort expectancy, hedonic
motivation, serta habit berpengaruh positif signifikan terhadap behavior intention
(minat menggunakan) dan behavior intention (minat menggunakan) berpengaruh
positif signifikan terhadap use behavior (perilaku penggunaan). Hasil uji moderasi
menunjukkan bahwa usia tidak memoderasi hubungan antara hedonic motivation
dan habit terhadap behavior intention.
Collections
- Akuntansi [4399]