FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECENDERUNGAN MAHASISWA DALAM MELAKUKAN KECURANGAN AKADEMIK SELAMA PEMBELAJARAN DARING DENGAN PENDEKATAN FRAUD DIAMOND THEORY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor dari fraud diamond
theory yaitu tekanan, peluang, rasionalisasi, dan kemampuan dalam kecurangan
akademik mahasiswa akuntansi pada pembelajaran daring. Data dalam penelitian
ini merupakan data primer yang diperoleh menggunakan kuesioner melalui google
form dan disebarkan secara online kepada mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas
Bisnis dan Ekonomika UII. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 108
responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tekanan tidak
berpengaruh positif terhadap kecenderungan mahasiswa untuk melakukan
kecurangan akademik selama pembelajaran daring; (2) Peluang berpengaruh
positif terhadap kecenderungan mahasiswa melakukan kecurangan akademik
selama pembelajaran daring; (3) Rasionalisasi berpengaruh positif terhadap
kecenderungan mahasiswa melakukan kecurangan akademik selama pembelajaran
daring; (4) Kemampuan berpengaruh positif terhadap kecenderungan mahasiswa
melakukan kecurangan akademik selama pembelajaran daring.
Collections
- Akuntansi [4660]