Show simple item record

dc.contributor.authorUmar, Sofiah Nahdhotul
dc.date.accessioned2023-07-26T03:29:54Z
dc.date.available2023-07-26T03:29:54Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/45272
dc.description.abstractPentingnya pendidikan agama harus ditanamkan pada anak sejak dini. Namun, proses belajar anak masih terhambat oleh kesulitan belajar. Menjamin pembelajaran yang sebaik mungkin untuk anak-anak, berbagai upaya telah dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik kelas IV SD Al-Kautsar Bandar Lampung pada pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), serta peranan Guru PAI dalam membantu peserta didik mengatasi kesulitan belajar tersebut. Metode utama pengumpulan data dalam penelitian kualitatif ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian difokuskan pada peserta didik kelas IV, Guru Pendidikan Agama Islam, Kepala Sekolah, dan Waka Kurikulum di SD Al-Kautsar Bandar Lampung. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yaitu dengan teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitan menunjukkan bahwa peserta didik kelas IV di SD Al- Kautsar Bandar Lampung memiliki kesulitan belajar berupa kesulitan dalam memahami dan menghafal materi pelajaran serta kurangnya motivasi dalam belajar. Dengan membimbing dan menjadi teladan yang baik bagi peserta didik untuk menumbuhkan kecintaan dalam belajar, peranan Guru PAI membantu peserta didik dalam berjuang secara akademis.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPeran Guruen_US
dc.subjectKesulitan belajaren_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.titlePeranan Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di Sd Al-kautsar Bandar Lampungen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM18422054


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record