Show simple item record

dc.contributor.authorAulia, Nadya Rahma Restu
dc.date.accessioned2023-07-18T03:18:09Z
dc.date.available2023-07-18T03:18:09Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/45210
dc.description.abstractMunculnya Ajaib Investasi sebagai start-up yang mulai melejit namanya pada tahun 2019 hingga menyandang gelar Uniqorn Indonesia di tahun 2020 meski kala itu Indonesia tengah dilanda Pandemi Covid-19. Namun hal ini tidak menjadi penghalang orang-orang terkhusus kalangan milenial dan Generasi Z untuk tetap memulai berinvestasi di tengah-tengah ketidak stabilan perekonomian Indonesia. Maka dari itu penelitian ini ingin melihat apakah terdapat pengaruh antara strategi Digital Marketing Communication yang telah digunakan oleh Ajaib, daya tarik Brand Ambassador yang dipilih Ajaib dan Sistem Investasi Tematik berbasis aplikasi yang diterapkan Ajaib terhadap minat berinvestasi kalangan Gerasi Z. Penelitian ini berlandaskan teori-teori yang berkaitan dengan Digital Marketing Communication, Brand Ambassador, dan Investasi Tematik. Digital Marketing Communication merupakan sebuah perpaduan antara pemasaran dengan menggunakan teknologi digital serta menerapkan performa Cyber Public Relation dan strategi-strategi komunikasi dalam pemasarannya. Selanjutnya dalam Teori Brand Ambassador yang dapat diambil dari teori ini mengenai bagaimana kriteria dan manifestasi seorang Brand Ambassador sebagai Key Message pemasaran atas sebuah produk atau jasa. Adapun Teori Investasi tematik berisikan jenis-jenis investasi yang bisa dalam bentuk aset keuangan, properti, Pendidikan, dan research & development yang mana di era Digital ini Invetasi dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi yang sudah di desain dengan sangat simple dalam bentuk tema-tema yang dapat mempermudah penggunanya untuk memulai berinvestasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan menggunakan metode Survey. Instrumen penelitian ini berupa survey dengan menggunakan kuesioner Online yang disebarkan pada responden secara daring. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 116 sampel dengan Teknik Accidental Sampling. Untuk Uji Validitas dan Reliabilitas untuk menguji kuesioner peneliti menggunakan aplikasi SPSS. Selanjutnya dalam proses menganalisis data dan mengolah hasil temuan dilapangan peneliti menggunakan metode SEM-PLS dengan bantuan aplikasi Smaart pls3.0. Proses analisis data ini terdiri dari beberapa hal diantaranya adalah validitas konvergen, validitas diskriminan, reliabilitas, R-square, path koefisien, Q-Square, dan Evaluasi model serta observasi. Metode SEM-PLS ini peneliti gunakan untuk menganalisis pengaruh yang terbentuk dari Strategi Digital Marketing Communication, Daya Tarik Brand Ambassador, dan Penerapan Sistem Investasi Tematik Berbasis Aplikasi Terhadap Minat Berinvestasi Gen Z Pada PT Ajaib Sekuritas Asia. Hasil yang didapat pada penelitian ini ialah pengaruh yang dihasilkan oleh Digital Marketing Communication (X1), Daya Tarik Brand Ambassador (X2), Sistem Investasi Tematik (X3) terhadap Minat Berinvestasi (Y) adalah sebanyak 68.5% sedangkan sisa 31.5% merupakan pengaruh yang tidak diketahui dan terpengaruhi faktor lain diluar penelitian. Adapun untuk masing-masing hubungan Variabel X memiliki Hubungan yang signifikan dan arah hubungan yang positif terhadap Minat Investasi kalangan Gen Z (Y) terkesuali variabel Brand Ambassador memiliki pengaruh yang tidak signifikan namun arah hubungannya tetap positifen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectDigital Marketing Communicationen_US
dc.subjectBrand ambassadoren_US
dc.subjectInvestasi tematiken_US
dc.subjectMinat Investasien_US
dc.titlePengaruh Strategi Digital Marketing Communication, Daya Tarik Brand Ambassador, dan Penerapan Sistem Investasi Tematik Berbasis Aplikasi Terhadap Minat Berinvestasi Generasi Z Pada PT Ajaib Sekuritas Asia (Analisis Structural Equation Model - Part Least Square)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19321251


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record