dc.contributor.author | Gusrananda, Muhammad Raufan | |
dc.date.accessioned | 2023-07-18T02:50:37Z | |
dc.date.available | 2023-07-18T02:50:37Z | |
dc.date.issued | 2023 | |
dc.identifier.uri | dspace.uii.ac.id/123456789/45201 | |
dc.description.abstract | Game online eFootball merupakan salah satu permainan dengan genre sport yang populer
untuk saat ini. Cukup banyak yang memainkan game online tersebut terkhusus pada pemain yang
memiliki ketertarikan pada bidang olahraga sepak bola. Dalam game online eFootball tersedia
berbagai macam pemain sepak bola yang terkenal dari seluruh dunia. Pemain eFootball dapat
membeli pemain sepak bola yang diinginkan menggunakan koin yang mereka punya. Harga
pemain sepak bola tersebut beraneka ragam tergantung kualitas dan kemampuan yang dimiliki.
Berdasarkan hasil observasi di lapangan, peneliti tertarik untuk mengkaji tentang bagaimana
perilaku fanatisme dan konsumtif pada pemain game online eFootball.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan secara online.
Adapun pemilihan responden dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball
sampling pada sebuah komunitas di platform Facebook bernama eFootball PES Mobile
Community.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain game online eFootball dapat menyebabkan
perilaku fanatisme dan konsumtif. Perilaku fanatisme terjadi karena adanya perasaan berlebihan
dan intensitas yang tinggi ketika bermain game online tersebut. Pemain akan melakukan apa saja
dan rutin bermain eFootball setiap harinya. Perasaan gelisah akan muncul ketika pemain tidak
bermain eFootball dalam kurun waktu satu hari saja. Sedangkan perilaku konsumtif yang terjadi
menyebabkan pemain mengorbankan waktu dan uang. Pemain akan mengorbankan waktu setiap
harinya hanya untuk bermain eFootball. Kemudian pemain akan mengeluarkan uang yang
dimilikinya hanya untuk melakukan top up koin eFootball. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | game online | en_US |
dc.subject | eFootball | en_US |
dc.subject | fanatisme | en_US |
dc.subject | konsumtif | en_US |
dc.title | Perilaku Fanatisme dan Konsumtif Pemain Game Online Efootball | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.Identifier.NIM | 19321167 | |