Analisis Faktor – Faktor yang Memengaruhi Pelaku Bisnis Food and Beverage Dalam Menggunakan Uang Elektronik Sebagai Metode Pembayaran
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat
memengaruhi pelaku bisnis Food and Beverage dalam menggunakan uang elektronik
sebagai metode pembayaran. Variabel yang digunakan diantaranya adalah persepsi
kepercayaan (X1), persepsi keamanan (X2), persepsi kemudahan (X3), dan persepsi
kegunaan (X4). Penelitian ini menggunakan data primer yang langsung diambil dari
sampel responden. Sampel penelitian diambil melalui teknik purposive sampling dan
perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus Malhotra sehingga didapatkan
sampel sejumlah 150 sampel pelaku bisnis Food and Beverage di wilayah D.I
Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan persepsi keamanan memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap minat menggunakan e-money Oleh pelaku UMKM. Sedangkan,
variabel persepsi kepercayaan, persepsi kemudahan, dan persepsi kegunaan diketahui
tidak memiliki pengaruh terhadap minat menggunakan e-money.
Collections
- Economics [2139]