Analisis Hubungan Aktivitas Pemasaran Media Sosial, Ekuitas Hubungandan Loyalitas: Studi pada Konsumen Pengguna Produk Kecantikan Somethinc
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi
Aktivitas Pemasaran Media Sosial (SMMA) seperti hiburan, interaktivitas, trendi, kustomisasi, dan electronic word-of-mouth terhadap ekuitas hubungandanloyalitas pelanggan pada akun Instagram @somethincofficial. Penelitianini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel
convenience sampling. Kriteria responden dalam penelitian ini yaitu penggunaaktif media sosial Instagram yang berusia 21 tahun keatas dan pernah melakukanpembelian sebelumnya terhadap produk Somethinc. Jumlah responden yangdiambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 262 responden. Pengolahandatamenggunakan metode PLS-SEM. Variabel yang digunakan dalampenelitianini
adalah hiburan, interaktivitas, trendi, kustomisasi, electronic word-of-mouth, ekuitas hubungan, dan loyalitas pelanggan. Adapun hasil penelitianini
menunjukkan bahwa hiburan berpengaruh positif terhadap ekuitas hubungan. Interaktivitas tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap ekuitas hubungan. Trendi berpengaruh positif terhadap ekuitas hubungan. Kustomisasi berpengaruhpositif terhadap ekuitas hubungan. electronic word-of-mouth tidak berpengaruhpositif terhadap ekuitas hubungan. Sedangkan ekuitas hubungan berpengaruhpositif terhadap loyalitas pelanggan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat
membantu perusahaan terkait dalam mengembangkan hubungan yang kuat denganpelanggan dengan berdasar pada aktivitas media sosial merek.
Collections
- Master of Management [408]