Pengaruh Interaksi Media Sosial Terhadap Niat Beli dan Keterlibatan Perilaku Konsumen pada Produk Skincare ‘avoskin’ dengan Kredibilitas Sumber, Homofili Sumber, dan Kualitas Konten Sebagai Peran Mediasi
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi
interaksi media sosial terhadap niat pembelian dan keterlibatan perilaku pada
produk skincare Avoskin. Metodologi yang digunakan menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Kriteria responden dalam penelitian
ini yaitu pengguna aktif media sosial Instagram berusia 18-25 tahun yang
berdomisili di Yogyakarta. Jumlah responden yang valid adalah 145. Pengolahan
data menggunakan metode PLS-SEM. Variabel yang digunakan dalam penelitian
ini adalah interaksi media sosial, kredibilitas sumber, homofili sumber, kualitas
konten, niat pembelian, dan keterlibatan perilaku. Adapun hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa interaksi media sosial berpengaruh positif terhadap
kredibilitas sumber, homofili sumber, dan kualitas konten. Homofili sumber dan
kualitas konten berpengaruh positif terhadap niat pembelian dan keterlibatan
perilaku. Sedangkan, kredibilitas sumber tidak berpengaruh terhadap niat
pembelian dan keterlibatan perilaku. Hasil dari penelitian skripsi ini diharapkan
dapat membantu perusahaan dan pemasar dalam mengembangkan hubungan yang
lebih intim dengan konsumen dan mendorong niat konsumen untuk membeli
melalui interaksi media sosial.
Collections
- Master of Management [408]