Show simple item record

dc.contributor.authorDhona, Holy Rafika
dc.contributor.authorRianto, Puji
dc.contributor.authorHermawan, Anang
dc.contributor.authorAfifi, Subhan
dc.contributor.authorPrastya, R. Narayana Mahendra
dc.contributor.authorNingsih, Ida Nuraini Dewi Kodrat
dc.contributor.authorHariyanti, Puji
dc.contributor.authorSetiadi, Anggi Arif Fudin
dc.contributor.authorTanjung, Sumekar
dc.date.accessioned2023-06-13T00:06:54Z
dc.date.available2023-06-13T00:06:54Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.citationDhona, H. R., Rianto, P., Hermawan, A., Afifi, S., Prastya, R. N. M., Ningsih, I. N. D. K., Hariyanti, P., Setiadi, A. A. F., & Tanjung, S. (2022). Islam dalam Studi Komunikasi. Yogyakarta: UII Press.en_US
dc.identifier.issn978-623-6572-72-6
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/44968
dc.description.abstractBuku ini merupakan kumpulan tulisan para dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosia Budaya (FPSB) UII yang mencoba untuk menggali pemikiran-pemikiran yang terkait dengan integrasi nilai-nilai Islam ke dalam studi komunikasi. Upaya tersebutnya setidaknya dilakukan dengan ikhtiar untuk mengkaji konsep-konsep Islami dalam sebuah ilmu. Selain itu disajikan juga kajian tentang pengislaman bidang ilmu yang dilakukan dengan membahas bidang ilmu berdasarkan cara pandang Islam untuk keadilan/pemberdayaan (profetik/kritis). Beberapa topik yang merupakan kajian konseptual dan juga hasil riset terkait tema Islam dan Komunikasi terkumpul dalam buku ini. Beberapa topik yang bersifat konseptual, di antaranya adalah Etika Komunikasi Islam dalam Perspektif Sintetik-Analitik: Sebuah Upaya “Saintifikasi Al-Qur’an”?, Khazanah Paradigma Islam dalam Pemberdayaan Masyarakat Komunikasi Partisipatoris, Geografi Mustadh’afin dalam Studi Komunikasi Geografi, dan Etika Public Relations dalam Perspektif Islam, dan Memahami Dua Pendekatan Komunikasi Dakwah untuk Generasi Z. Untuk hasil riset terdapat dua artikel, yaitu Analisis Pemberitaan Media Islam tentang Kepastian Ibadah Haji di Masa Pandemi, Dakwah Bil Hal: Metode Dakwah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Pedalaman. Buku ini mencoba melihat bagaimana bagaimana pandangan Islam mengenai berbagai bidang kajian dalam studi komunikasi. Masalah “praktik” yang muncul dalam berbagai field study tersebut diharapkan dapat dijawab dengan menggunakan konsep/paradigma Islam. Harapannya, akan muncul rekomendasi ‘konsep’ Islam yang penting digunakan dalam berbagai field study ilmu komunikasi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUII Pressen_US
dc.subjectKomunikasi Islamen_US
dc.subjectKomunikasi Profetiken_US
dc.subjectTeori Komunikasien_US
dc.subjectKomunikasi Pemberdayaanen_US
dc.subjectPublic Relationsen_US
dc.titleIslam dalam Studi Komunikasien_US
dc.typeBooken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record