Strategi Pengembangan Usaha Bisnis Floury Pada Aspek Produksi
Abstract
Dewasa ini, bisnis camilan merupakan salah satu bisnis yang memiliki peluang
besar dalam mendapatkan keuntungan. Hal ini yang membuat penulis tergerak
untuk kemudian membangun sebuah bisnis yang berfokus pada camilan dan
minuman. Namun, perlu diketahui bahwa dalam pelaksanaan bisnis tersebut harus
memiliki perencanaan yang matang baik dari segi operasional, sumber daya
manusia, aspek produksi, aspek pemasaran dan aspek keuangan. Pada perintisan
bisnis Floury, penulis melakukan metode penelitian menggunakan survei pasar,
baik melalui online dan secara langsung. Survei yang digunakan secara online yaitu
dengan membuat sebuah pemungutan suara melalui sosial media Instagram dengan
menanyakan kepada para audiens seputar ketertarikan mereka terhadap camilan dan
minuman. Survei yang dilakukan secara langsung yaitu berkaitan dengan produk
apa saja yang telah dijual di sekitar kampus Universitas Islam Indonesia. Hal ini
bertujuan agar penulis dapat menyediakan sebuah produk camilan yang memiliki
keunikan tersendiri dan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh para pelanggan.
Penulis memutuskan untuk menjual sebuah produk camilan dengan menggunakan
bahan dasar berupa tepung, dan menyediakan beberapa macam bumbu tabur yang
telah disesuaikan dengan hasil survei sesuai kemauan para calon pelanggan.
Penjualan dilakukan melalui berbagai aplikasi merchant food dan juga on the spot.
Pada laporan perintisan bisnis kali ini, penulis akan berfokus pada aspek produksi
terkait spesifikasi produksi, manajemen produksi, pengelolaan aplikasi penjualan
online serta strategi operasi dan produksi.
Collections
- Islamic Economics [836]